Variasi Jenis Nasi Goreng Indonesia Yang Lezat

Nasi goreng merupakan salah satu menu masakan yang menjadi andalan bagi kebanyakan masyarakat Indonesia ketika menyajikan sarapan di pagi hari. Tidak hanya untuk sarapan saja, masakan yang berasal dari Tiongkok ini pun sangat nikmat ketika dihidangkan pada malam hari. Oleh karenanya, tidak jarang jika kita bisa melihat banyaknya kedai-kedai atau warung yang membuat nasi goreng indonesia yang memang sengaja baru di buka pada malam hari.

Di negara asalnya Tiongkok, nasi goreng ini disajikan tidak jauh berbeda dengan nasi goreng yang ada di Indonesia. Bahan utamanya yang merupakan nasi, dicampur dengan beberapa bumbu-bumbu, dan ditambah dengan sayuran, seafood, atau daging.

Perkembangan Nasi Goreng

Nasi goreng disinyalir sudah ada sejak 4000 tahun sebelum Masehi. Mengingat usianya yang sudah lumayan lama, perkembangan nasi goreng pun sudah menyebar ke berbagai pelosok negara, seperti Turki, Amerika Serikat, Ekuador, Peru, Kamboja, Jepang, Korea, Singapura, Malaysia,  Indonesia, dan beberapa negara lainnya.

Pada dasarnya, berbagai bentuk olahan nasi goreng yang ada di luar negeri maupun yang ada di Indonesia boleh dibilang mirip. Hanya saja yang membedakan adalah dari segi rasa. Hal ini dikarenakan adanya beberapa campuran bumbu yang berbeda di tiap masing-masing negara. Misalnya saja nasi goreng Jepang, atau masyarakat Jepang biasa menyebutnya dengan Yakimeshi. Di Jepang, masyarakatnya membuat nasi goreng atau Yakimeshi ini dengan menggunakan kecap asin, atau shoyu. Berbeda dengan di Indonesia yang rata-rata menggunakan kecap manis sebagai pelengkap bumbunya.

Lain di Jepang, lain pula di negara Turki. Seperti yang kita ketahui, Turki merupakan sebuah negara yang terletak di antara dua perbatasan benua. Yakni benua Eropa dan benua Asia (khususnya timur tengah). Oleh karenanya, dari segi masakan pun adopsi cita rasa antara dua benua tersebut masih bisa kita lihat. Nasi goreng khas Turki ini boleh dibilang mempunyai rasa yang kuat. Hal ini dikarenakan dalam pembuatannya, nasi goreng dicampur dengan rempah-rempah khas dari timur tengah, dilengkapi dengan taburan keju diatasnya.

Nasi Goreng di Indonesia

Di Indonesia sendiri nasi goreng berkembang dengan berbagai ragam variasi. Baik dari segi penyajiannya, maupun dari segi cita rasa. Biasanya, tiap-tiap masing daerah mempunyai bumbu-bumbu khas yang berbeda. Seperti nasi goreng Sunda, yang dalam penyajiannya menggunakan tambahan bumbu kunyit dan juga memiliki rasa yang relative pedas. Ada juga nasi goreng khas Jawa yang secara penyajian mempunyai warna yang lebih gelap (kecoklatan) dikarenakan adanya tambahan kecap manis yang sedikit lebih banyak. Kemudian ada nasi goreng putih, yang dalam proses memasaknya tidak menggunakan kecap manis ataupun kecap asin, melainkan diganti dengan menggunakan kecap ikan.

Namun, dari berbagai jenis nasi goreng yang ada di Indonesia, masyarakat umumnya lebih suka dengan jenis nasi goreng Istimewa, yakni salah satu variasi nasi goreng yang bisa kita temui di berbagai daerah yang ada di Indonesia. Kelebihan lain dari nasi goreng istimewa ini sendiri adalah dari segi rasa yang bisa diterima oleh lidah masyarakat Indonesia pada umumnya, yang mana seperti kita ketahui Indonesia terdiri dari berbagai macam suku dengan ragam cita rasa masakan khas daerahnya masing-masing.

Bagi Anda yang ingin mengetahui resep dan bagaimana cara membuat nasi goreng Istimewa tersebut, berikut kami paparkan ulasannya :

Bahan-bahan

  • 700 gram nasi putih (Kurang lebih untuk 2 porsi)
  • 2 sdm margarin (kami menyarankan menggunakan Blue Band karena kandungan gizinya sangat lengkap)
  • 2 butir telur ayam
  • 50 gram wortel yang di potong kecil-kecil
  • 1 lembar daun bawang
  • 4 baso sapi
  • 4 buah cabai merah (sesuai selera)
  • 5 butir bawang merah di iris tipis
  • 3 siung bawang putih di cincang sampai halus
  • 1 sdm kecap manis (kami menyarankan menggunakan kecap cap Bango karena sudah terbukti menggunakan bahan-bahan pilihan dengan kualitas terbaik)
  • ½ sdt garam (secukupnya)
  • Lada ½ sdt
  • ½ sdt gula pasir
  • Royco sapi atau ayam 1 sdm (secukupnya)

Cara Membuat

  1.    Panaskan Blue Band, dan tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai hingga matang.
  2.    Masukan baso sapi, masak sebentar. Kemudian masukan telur hingga matang.
  3.    Masukkan nasi putih, kecap manis, lada, garam, gula, dan Royco. Masak hingga merata.
  4.    Setelah itu tambahkan wortel dan daun bawang, masak hingga wortel agak layu.
  5.    Angkat dan sajikan. Lebih nikmat jika dinikmati selagi hangat.

Demikianlah ulasan mengenai nasi goreng, khususnya nasi goreng yang ada di Indonesia, lengkap dengan resep nasi goreng istimewa. Tentunya Anda sudah tidak sabar untuk mencobanya bukan ?

Selamat mencoba ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *