Tips Dan Trik Cara Mencuci Baju Bayi Baru Lahir

Bagi pasangan suami istri, menyambut kelahiran sang buah hati merupakan hal yang dinanti-nantikan. Segala perlengkapan kebutuhan bagi si kecil tentunya sudah di persiapkan sejak jauh-jauh hari sebelum masa kelahiran tiba. Mulai dari kebutuhan perawatan diri sang bayi, tempat tidur bayi, hingga baju-baju bayi baru lahir. Mungkin sebagian besar perlengkapan bayi baru lahir tersebut yang paling banyak adalah baju-baju bayi sekaligus popok atau celana bayi. Hal ini memang umum terjadi, dikarenakan bayi baru lahir akan memiliki kebutuhan mengganti baju lebih banyak. Tentu saja hal ini bisa membuat sang Ibu atau Ayah sedikit merasa kewalahan dalam mencuci pakaian bayi tersebut. Apalagi mengingat bayi yang baru lahir mempunyai kulit atau kekebalan tubuh yang masih sangat sensitif sehingga dalam mencuci pakaiannya pun harus dengan hati-hati. Lalu, bagaimana sih cara yang benar dalam mencuci baju bayi yang baru lahir ? Melalui artikel ini kami akan mengulas beberapa tips dan trik cara mencuci baju bayi baru lahir agar sang bayi aman dan nyaman saat mengenakannya.

Cara Mencuci Baju Bayi Baru Lahir

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh orang tua ketika mencuci baju bayi yang baru lahir. Karena biasanya ada beberapa jenis baju yang harus dicuci dengan sangat hati-hati supaya tekstur kainnya tidak berubah. Jika hal ini terjadi, tentunya akan mengurangi rasa kenyamanan bayi ketika mengenakannya. Hal lainnya adalah karena bayi baru lahir mempunya kekebalan tubuh yang masih sangat sensitif. Jadi ketika mencuci pakainnya pun harus diperhatikan dengan seksama supaya bayi tidak terkena iritasi akibat salah mencuci pakaian bayi.

Berikut ini adalah beberapa tips dan trik bagaimana cara mencuci baju bayi baru lahir :

Cermat Dalam Memilih Detergen

Faktor utama dalam mencuci pakaian adalah detergen. Dalam mencuci baju bayi, pemilihan detergen sangatlah penting. Hal ini dikarenakan kulit bayi baru lahir yang lebih sensitive dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Jadi untuk mencegah terjadinya iritasi kulit pada bayi Anda, sebaiknya pilihlah detergen yang ampuh dalam menghilangkan noda dan bakteri. Selain itu, sebaiknya Anda juga memilih detergen cair dibandingkan dengan detergen bubuk. Karena detergen cair akan lebih mudah dibilas sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya iritasi pada kulit. Rekomendasi kami mengenai pemilihan detergen yang tepat ketika mencuci baju bayi baru lahir adalah dengan menggunakan detergen Rinso Cair. Karena Rinso cair mengandung semua kelebihan-kelebihan tersebut diatas.

Mencuci Baju Bayi yang Masih Baru

Sangat disarankan bagi Anda untuk mencuci semua baju bayi yang baru Anda beli dari toko. Hal ini sangatlah penting karena baju yang masih baru walaupun terlihat bersih tetapi masih mengendap zat-zat kimia dari konveksi. Ditambah lagi berpindahnya dari tangan ke tangan, sangat memungkinkan adanya bakteri dan debu pada baju baru tersebut. Yang tentunya hal ini akan memicu terjadinya iritasi kulit pada bayi mungil Anda.

Cuci Dengan Terpisah

Baju bayi baru lahir dianjurkan untuk dicuci secara terpisah dengan baju orang dewasa. Hal ini bertujuan supaya bakteri-bakteri yang terdapat pada baju lainnya tidak tercampur dengan baju bayi Anda. Bukankah aktifitas orang yang lebih dewasa lebih banyak dibandingkan dengan bayi ?

Demikianlah tips dan trik cara mencuci baju bayi baru lahir. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *