Pasti Ngangenin! Ini Makanan Khas Lebaran yang Tidak Boleh Ketinggalan

Lebaran adalah momen yang sangat dinantikan. Hal ini karena saat lebaran adalah kesempatan untuk kembali kumpul bersama keluarga besar. Momen berkumpul dengan keluarga ini juga didukung dengan libur dan cuti bersama cukup panjang yang diberlakukan pemerintah sehingga para perantau memiliki waktu untuk pulang kampung. Nah, jika lebaran tiba, satu hal yang paling membuat kangen adalah kuliner khasnya. Ini dia kuliner khas lebaran yang langsung membuat kangen saat mengingatnya.

Opor

Siapa tidak suka opor? Makanan dengan bahan dasar ayam yang dimasak dengan santan dan aneka rempah ini kerap mengingatkan kita dengan kampung halaman. Nuansa berkumpul dengan sanak keluarga saat lebaran tidak akan pernah lengkap tanpa kehadirannya. Ya, opor menjadi salah satu makanan wajib lebaran terutama bagi mereka yang berada di pulau jawa. Entah mengapa, sajian penuh kenangan dan kehangatan rumah ini terasa lebih spesial saat hari raya.

Sambal goreng ati

Ada aneka macam sambal yang dapat kita temukan di Indonesia, tetapi sambal goreng ati menjadi salah satu makanan yang akan terasa sangat nikmat jika dipadukan dengan opor saat hari lebaran tiba. Kenikmatannya membuat kita kerap kangen dengan makanan satu ini. Sambal goreng dengan perpaduan kentang dan ati tidak akan membuat Anda bosan.

Rendang

Selain opor dan sambal goreng ati, ada satu lagi makanan yang kerap menjadi salah satu primadona lebaran. Apalagi jika bukan rendang. Sebagai makanan yang dinobatkan sebagai makanan paling lezat sedunia ini tidak boleh tertinggal.

Ketupat

Sebagai teman makan semua lauk yang menggugah selera, ketupat menjadi menu wajib saat lebaran. Walaupun kita sering menjumpai ketupat di berbagai olahan makanan, ketupat lebaran menjadi salah satu menu yang terasa spesial karena banyak orang yang membuatnya sendiri di rumah.

Itu tadi 4 makanan khas lebaran yang akan terasa kurang jika tidak menyantapnya. Walaupun keempat makanan di atas adalah makanan biasa yang dapat dengan mudah ditemukan di hari biasa, makanan ini akan terasa sangat spesial saat hari raya. Hal ini karena sudah menjadi tradisi yang turun temurun menyantap makanan tersebut saat hari raya. Apa sudah mulai kangen lagi dengan santapan khas yang sedap dan menggugah selera ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *