Masalah Kesehatan Ini Rawan Muncul Setelah Lebaran

Momen Hari Raya umat Muslim yaitu Idul Fitri baru saja terlewatkan. Momen satu kali dalam setahun ini menjadi ajang berkumpul keluarga yang tidak lepas dari hidangan-hidangan lezat khas lebaran. Setelah berpuasa sebulan penuh banyak orang yang kurang bisa mengontrol diri ketika dihadapkan pada aneka hidangan menggoda di rumah sanak saudara. Kelezatan makanan khas Lebaran ini memang sudah tidak perlu diragukan, tetapi jika tidak berhati-hati dalam menyantapnya, makanan lezat ini bisa menimbulkan permasalahan pada tubuh Anda.

Hidangan khas Lebaran yang umumnya ditemui di Indonesia adalah opor ayam dengan santan kental yang gurih. Selain itu, Lebaran juga biasanya tidak lepas dari hidangan serba daging yang sangat menggugah selera. Bagi anak kecil maupun remaja mungkin tidak perlu terlalu khawatir ketika mengkonsumsi jenis-jenis makanan tersebut. Akan tetapi bagi para orang dewasa hingga lanjut usia sebaiknya tetap mengontrol asupan makanan supaya terhindar dari masalah-masalah berikut ini:-

Sembelit

Masalah ini bisa menyerang anak-anak hingga orang dewasa. Lebaran memang identik dengan hidangan-hidangan olahan daging baik daging ayam maupun sapi. Bisa dikatakan sayur mayur cukup jarang ditemui di meja makan pada momen Hari Raya ini. Banyaknya konsumsi daging yang tidak diimbangi dengan konsumsi serat dari sayur dan buah bisa menyebabkan Anda sembelit atau susah buang air besar. Sebaiknya imbangi konsumsi daging dengan sayur dan buah serta air putih yang cukup supaya pencernaan Anda tetap lancar.

Diare

Diare bisa muncul karena konsumsi santan yang terlalu banyak ataupun karena konsumsi makanan yang sudah terpapat udara berbakteri. Ketika bersilaturahmi ke rumah kerabat seringkali Anda kurang memperhatikan kehigienisan makanan yang tenyata dpat memicu diare.

Maag

Konsumsi santan dan makanan pedas dari hidangan serta kembalinya pola makan seperti hari biasa setelah Lebaran ternyata juga dapat memicu maag bagi penderitanya.

Tekanan Darah Tinggi

Berlimpahnya makanan berlemak dari daging ayam, sapi dan santan sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah banyak oleh para pemilik riwayat hipertensi. Konsumsi makanan berlemak yang kurang terkontrol dapat memicu gejala-gejala  seperti sakit kepala, mual hingga penglihatan yang kabur sebagai tanda tekanan darah sudah meningkat.

Anda perlu waspada terhadap masalah-masalah kesehatan tadi karena pola makan yang kurang terkontrol selama momen Hari Raya rawan memicu berbagai problem kesehatan. Selalu konsumsi sayur dan buah untuk memenuhi kebutuhan serat serta minum air putih dengan jumlah yang cukup supaya tubuh tetap sehat dan segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *