Inilah Pencegahan dan Pengobatan Ruam Popok Pada Bayi

Anak merupakan titipan dari Tuhan yang wajib kita rawat dan jaga dengan sepenuh hati. Kehadirannya yang didamba setiap pasangan suami istri, tentunya membawa suasana baru bagi keharmonisan sebuah keluarga. Bagi pasangan yang baru mempunyai seorang anak, tentu ada kesan tersendiri dalam merawatnya. Hal yang tentunya akan menjadi tantangan bagi pasangan suami istri. Salah satu tantangan tersebut yakni jika sang anak mendadak rewel gara-gara timbulnya ruam pada bagian yang tertutup popok, atau biasanya disebut dengan ruam popok. Bagi Ayah atau Bunda yang baru mempunyai seorang anak, Anda tidak perlu takut mengenai hal ini. Meskipun bayi rewel dikarenakan rasa yang tidak nyaman, namun secara umum ruam popok ini tidak terlalu berbahaya dan akan sembuh jika diatasi dengan langkah yang tepat. Melalui artikel ini kami akan ulas mengenai seputar ruam popok pada bayi.

Gejala Ruam Popok

Secara umum, bayi yang terkena gejala ruam popok adalah bayi yang berusia antara 9 sampai 12 bulan. Gejala ruam popok pada bayi ini biasanya timbul pada area-area yang tertutup popok. Biasanya ruam popok ini terjadi pada daerah bokong, sekitar alat kelamin, dan lipatan-lipatan paha. Pada area-area tersebut akan muncul kulit yang tampak memerah. Dan seringkali bayi akan bertambah rewel ketika bagian yang terkena ruam popok disentuh atau dibersihkan.

Penyebab Ruam Popok

Ada beberapa faktor utama penyebab ruam popok. Berikut ini adalah beberapa penyebab ruam popok yang sering terjadi :

  1. Hal pertama yang paling sering menjadi faktor utama penyebab ruam popok pada bayi adalah karena terlalu sering atau terlalu lama kulit bersentuhan dengan urine ataupun feses. Hal ini terjadi karena kulit bayi yang sensitive akan mengakibatkan terjadinya iritasi kulit apabila terlalu lama bersentuhan dengan urine atau feses.
  2. Penyebab ruam popok yang kedua adalah, adanya infeksi bakteri atau jamur. Bakteri dan jamur dapat tumbuh pada bagian-bagian yang lembab dan hangat, khususnya pada bagian yang tertutup oleh popok.
  3. Pemakaian popok yang terlalu ketat juga bisa menimbulkan ruam popok pada bayi. Popok yang terlalu ketat dapat menimbulkan gesekan sehingga lecet. Juga bisa mengakibatkan pengapnya area pada bagian tubuh bayi yang tertutup popok tersebut.
  4. Ruam popok pada bayi juga dapat diakibatkan oleh iritasi karena penggunaan detergen, bedak, pelembut pakaian ataupun produk-produk bayi lainnya yang tidak cocok.

Cara Mengobati dan Mencegah Timbulnya Ruam Popok

Melihat bayi Anda tersiksa karena permasalahan ruam pada daerah popoknya tentu sangat menyiksa hati orang tua. Oleh karenanya, ada beberapa langkah tepat yang dapat dilakukan untuk mengobati ataupun mencegah terjadinya ruam popok tersebut. Cara yang paling tepat untuk pengobatan dan pencegahan ruam popok adalah dengan memastikan agar kulit bayi tetap bersih dan kering.

Terdapat beberapa langkah efektif yang bisa dilakukan agar kulit bayi Anda tetap bersih dan kering. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Segeralah ganti popok bayi Anda ketika sudah kotor. Jangan menundanya terlalu lama, karena hal ini dapat memicu terjadinya ruam popok.
  2. Langkah yang kedua adalah cermat dan teliti ketika membersihkan area kulit yang sering tertutup oleh popok. Yang harus diperhatikan adalah ketika proses penggantian popok. Hindarilah penggunaan sabun atau pewangi bayi yang menggunakan alcohol, dan pastikan pada area kulit yang tertutup popok benar-benar bersih dan kering sebelum menggunakan popok yang baru.
  3. Gunakanlah ukuran popok bayi sesuai dengan ukurannya. Hindari penggunaan popok yang terlalu sempit agar tidak menimbulkan ruam popok. Untuk pengobatan, gunakanlah popok bayi dengan ukuran yang lebih besar.
  4.  Gunakanlah krim atau salep untuk mencegah atau mengobati ruam popok yang bahan dasarnya menggunakan bahan-bahan alami. Kami menyarankan Anda produk dari Vaseline yaitu Vaseline Petroleum Jelly Original. Hal ini dikarenakan Vaseline Petroleum Jelly Original merupakan satu-satunya petroleum jelly yang dalam proses pengemasannya melalui 3 tahap pemurnian. Hal lainnya adalah bahwa Vaseline Petroleum Jelly Original bebas wewangian, tidak menyebabkan reaksi alergi, dan juga di formulasikan khusus sehingga tidak menyumbat pori-pori kulit.

Demikianlah ulasan artikel kami mengenai permasalahan ruam popok pada kulit bayi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *