4 Cara Mengatasi Pegal Setelah Mudik

Masa mudik Lebaran merupakan agenda rutin tahunan yang dilalui masyarakat Indonesia. Orang-orang yang tinggal di perantauan berbondong-bondong melakukan perjalanan baik antar kota maupun antar provinsi untuk bisa berkumpul dengan sanak saudara di kampung halaman. Jalanan yang macet akibat banyaknya volume kendaraan tidak jarang membuat tubuh pemudik didera rasa pegal baik di bagian kaki, punggung maupun anggota tubuh lainnya. Rasa pegal ini timbul karena para pemudik harus duduk di dalam kendaraan selama berjam-jam menembus kemacetan. Anda yang bertugas menyetir tentu juga merasakan rasa lelah dan pegal yang mungkin jauh lebih besar dibanding para penumpang lainnya.

Agar aktivitas setelah mudik ini dapat tetap berjalan dengan lancar ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa pegal setelah perjalanan mudik kemarin. Berikut ini beberapa diantaranya:

Rendam kaki dengan air garam

Kaki yang terasa pegal adalah hal yang sangat wajar dialami setelah menempuh perjalanan yang jauh menggunakan kendaraan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa pegal ini adalah dengan merendam kaki menggunakan campuran air dan garam. Air yang digunakan untuk campuran ini adalah air hangat yang dapat membantu merilekskan otot-otot kaki yang tegang. Cara sederhana ini sudah banyak dipraktekkan dan dirasa cukup efektif untuk mengurangi rasa pegal di kaki.

Kompres kaki dengan es batu

Pada sebagian orang yang sudah cukup berumur, terlalu lama duduk di dalam kendaraan dapat membuat peredaran darah di bagian kaki menjadi kurang lancar dan tidak jarang menyebabkan kaki menjadi bengkak. Bengkak ini dapat diatasi dengan cara mengkompres kaki Anda dengan es batu ataupun air es. Cara ini cukup efektif untuk mengecilkan pembengkakan bagi berbagai bagian tubuh.

Melakukan peregangan pada bagian-bagian tubuh yang terasa pegal

Jika merasa lelah dan otot-otot terasa tegang, Anda dapat melakukan tindakan sederhana untuk menguranginya yaitu dengan meregangkan otot-otot di sekitar bagian tubuh yang terasa pegal ataupun tegang.

Melakukan pemijatan

Anda yang baru pulang dari perjalanan mudik tidak ada salahnya untuk melakukan pemijatan kepada tenaga profesional untuk membantu meredakan rasa pegal dan lelah pada tubuh Anda. Pastikan pemijatan dilakukan oleh orang yang ahli agar pijatan tidak malah membuat tubuh menjadi semakin kurang nyaman.

Mengatasi badan pegal-pegal segera setelah selesai mudik Lebaran dapat membantu Anda kembali segar dan siap kembali menghadapi rutinitas harian. Siapkan tubuh Anda pada kondisi yang prima untuk kembali beraktivitas baik sekolah maupun bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *