Uncategorized

Syarat Memilih Hewan Kurban

Kurban merupakan salah satu kegiatan ibadah yang dilaksanakan setiap datangnya hari raya Idul Fitri dan 3 hari tasrik. Kegiatan ibadah ini memiliki banyak manfaat baik. Manfaat tersebut tidak hanya baik untuk diri kita sendiri tetapi juga baik untuk masyarakat yang membutuhkan. Oleh karenanya, banyak umat muslim berlomba-lomba untuk dapat melakukan ibadah ini. Menyembelih hewan kurban dan membagikannya kepada yang membutuhkan menjadi salah satu hal yang sangat baik dilakukan untuk membantu sesama. Hal ini sebagai salah satu wujud cinta kasih antar sesama umat Islam serta bentuk kasih sayang umat Islam kepada masyarakat pada umumnya.

Bagi yang mampu, tentunya dapat dengan mudah memilih hewan yang diinginkan. Bagi yang memiliki harta terbatas pun dapat memilih hewan sesuai dengan kemampuan, asalkan sesuai dengan syariat.Kurban merupakan salah satu kegiatan ibadah yang dilaksanakan setiap datangnya hari raya Idul Fitri dan 3 hari tasrik. Kegiatan ibadah ini memiliki banyak manfaat baik. Manfaat tersebut tidak hanya baik untuk diri kita sendiri tetapi juga baik untuk masyarakat yang membutuhkan. Oleh karenanya, banyak umat muslim berlomba-lomba untuk dapat melakukan ibadah ini. Menyembelih hewan kurban dan membagikannya kepada yang membutuhkan menjadi salah satu hal yang sangat baik dilakukan untuk membantu sesama. Hal ini sebagai salah satu wujud cinta kasih antar sesama umat Islam serta bentuk kasih sayang umat Islam kepada masyarakat pada umumnya. Bagi yang mampu, tentunya dapat dengan mudah memilih hewan yang diinginkan. Bagi yang memiliki harta terbatas pun dapat memilih hewan sesuai dengan kemampuan, asalkan sesuai dengan syariat.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, dalam memilih hewan untuk kurban, memilih hewan yang sesuai kemampuan adalah hal yang boleh saja dilakukan. Asalkan hewan yang dikurbankan sesuai dengan syariat. Ada beberapa jenis hewan yang dapat dikurbankan. Jenis hewan yang dapat dikurbankan tentunya memiliki beberapa syarat. Adapun syarat hewan kurban tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Hewan kurban adalah hewan ternak.

Jadi, kita tidak bisa melakukan kurban dengan hewan buruan dan hewan liar. Adapun hewan ternak yang dapat dijadikan sebagai hewan yang dikurbankan misalnya adalah domba, kambing, sapi, kerbau, dan unta. Hewan-hewan tersebut boleh dijadikan hewan untuk kurban.

2. Dalam memilih hewan untuk dikurbankan, kita juga tidak boleh asal.

Hewan ternak yang digunakan untuk kurban haruslah sudah memenuhi usia yang sesuai dengan yang disyariatkan. Usia tersebut yaitu usia saat gigi hewan tersebut sudah berganti. Biasanya antara kisaran usia 6 bulan sampai dengan 2 tahun tergantung dari jenis hewan yang akan dikurbankan.

3. Hewan yang boleh dikurbankan tentunya adalah hewan milik sendiri.

Hewan milik orang lain yang sedang Anda gembalakan tidak boleh Anda jadikan sebagai hewan untuk kurban kecuali Anda sudah mengantongi izin dari sang pemilik untuk berkurban dengan salah satu hewan gembalanya

4. Dalam menyembelih hewan untuk kurban, ada waktu tertentu.

Waktu tersebut adalah pada saat hari raya Idul Adha dan 3 hari setelahnya. Selain hari tersebut, maka pahala yang didapatkan adalah pahala sedekah dan bukan termasuk ibadah kurban.5. Hewan yang dikurbankan tentunya tidak boleh sakit dan cacat. Hewan harus sehat dan tidak memiliki kekurangan atau kelainan.

Menjelang hari raya Idul Adha, masyarakat tentunya berbondong-bondong untuk membeli hewan untuk kurban yang terbaik. Jangan lupa untuk memilih hewan kurban sesuai dengan yang disyaratkan. Syarat tersebut membuat hewan yang dibagikan merupakan hewan yang benar-benar sehat dan baik.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>