Uncategorized

Bantuan yang Bisa Diberikan Melalui Lembaga Sosial

Kita tidak tahu kapan bencana alam seperti banjir bandang, tanah longsor, gempa bumi, gunung meletus, dan tsunami akan datang. Kedatangan bencana alam yang tidak bisa diprediksi membuat orang-orang diserang kepanikan ketika bencana alam menyerang. Yang dipikirkan saat bencana alam menyerang adalah menyelamatkan diri agar selamat, tanpa memikirkan berapa banyak uang yang dibawa atau nasib dari harta benda dan surat-surat penting. Alhasil, orang-orang yang selamat dari bencana alam berada di dalam kondisi yang serba terbatas. Mereka tidak memiliki uang, pakaian ganti, atau makanan. Keadaan yang serba terbatas ini membuat hati nurani orang lain tersentuh. Mereka yang tidak terkena bencana alam akan mengulurkan tangan memberikan bantuan kepada para korban. Bantuan yang diberikan memang tidak diberikan secara langsung, tetapi diberikan melalui lembaga sosial. Para donatur akan memberikan bantuan berupa uang yang nantinya akan dibelanjakan dalam bentuk kebutuhan hidup para korban di pengungsian.

Ada banyak kebutuhan hidup yang diberikan oleh lembaga sosial untuk para korban bencana alam. Salah satunya pakaian yang layak pakai. Para korban yang selamat dari bencana alam tidak memiliki pakaian ganti karena prioritas utama mereka saat itu adalah menyelamatkan diri. Sehingga, di pengungsian banyak korban yang mengenakan pakaian yang basah, kotor, dan tidak layak pakai. Bantuan berupa pakaian yang layak pakai sangat penting agar tubuh para pengungsi terlindungi dari panas matahari dan udara dingin selama di pengungsian.

Tidak hanya pakaian layak pakai, pakaian dalam tidak kalah pentingnya didonasikan oleh lembaga sosial kepada para korban bencana alam di pengungsian. Pakaian dalam yang menempel secara langsung di kulit manusia perlu diganti secara rutin setiap hari. Pakaian dalam yang tidak pernah diganti akan menyebabkan masalah kesehatan seperti penyakit kulit, infeksi, dan masalah kesehatan yang lain. Selain itu, pembalut wanita dan popok bayi termasuk ke dalam kebutuhan yang diperlukan para pengungsi, terutama pengungsi dari kalangan perempuan usia produktif dan bayi.

Bantuan lain yang bisa diberikan kepada para korban bencana alam adalah air bersih. Kebutuhan akan air bersih sangat terbatas di pengungsian. Padahal air merupakan komponen yang penting dalam kehidupan manusia. Air bersih bisa digunakan untuk keperluan memasak, mandi, minum, mencuci pakaian, dan buang air. Selain itu, persediaan air yang cukup di pengungsian akan membuat para pengungsi terhindar dari dehidrasi. Lembaga sosial tidak boleh melewatkan bantuan berupa makanan kepada para pengungsi. Dalam hal ini, makanan yang diberikan sebaiknya makanan yang siap santap berupa nasi bungkus dengan lauk pauk yang lengkap. Sebaiknya tidak memberikan bantuan bahan makanan mentah seperti mi instan karena kandungan gizi di dalam mi instan tidak mencukupi kalori yang dibutuhkan para pengungsi.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>