Gaya

Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Mobil Kamu Saat Banjir

Banjir merupakan bencana alamyang sewaktu-waktu bisa menyerang dimana saja dan kapan saja. Terutama di ibukota jakarta, banjir sudah menjadi makanan ketika hujan deras mengguyur jakarta. Dimana ada hujan deras disitu pasti ada banjir. Nah buat kamu yang tinggal di daerah rawan banjir dan memiliki mobil, ada baiknya mengetahui apa saja sih yang harus kamu lakukan untuk si mobil saat banjir menyerang. Karena jika tidak diurus, bisa-bisa mobil kamu jadi rusak dan ngga bisa digunakan lagi. Repot juga kan bawa-bawa mobil ke bengkel, belum lagi biaya ini itunya. Dalam artikel ini akan dirangkum beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mobil kamu saat rumah kami diterjang banjir. Semoga bermanfaat ya!

1. Cek mesin mobil pastikan kabel aki sudah terlepas saat banjir datang, menghindari resiko kesetrum

Ini merupakan tindakan yang penting banget, walaupun terkesan sepele. Tapi hal ini bisa kamu lakukan untuk jaga-jaga menghindari bahaya kesetrum kabel aki mobil.

2. Lepaskan aksesoris-aksesoris mobil yang sudah basah terkena banjir

Kalau misalnya banjir yang menggenang dirumah kamu sudah sampai selutut orang dewasa atau sudah berhasil masuk mobil kamu, maka sebaiknya langsung sesegera mungkin lepaskan semua aksesoris yang ada di dalam mobil seperti karpet mobil, jok mobil dan lain-lain. Hal ini menghindari tumbuhnya jamur dan bau tak sedap yang akan menghiasi mobilmu.

3. Rajin cek mesin dan kelengkapan mobil seperti AC dan audio mobil

Hal ini penting banget untuk menghindari kerusakan lebih lanjut. Dengan rajin mengecek mesin mobil, kamu bisa mengukur kerusakan mobil kamu dan untuk mencegahnya agar lebih parah kamu bisa langsung membawanya ke bengkel sebelum terlambat. Kan ngga lucu kalau mobilnya baik-baik aja tetapi AC dan audio mobil ngga bisa nyala.

4. Kuras bensin kamu sebelum akhirnya tercampur dengan air

Ini juga penting banget, jangan pernah meremehkan halyang satu ini. Jika bensin sudah bercampur dengan air akan menyebabkan kerusakan jangka panjang pada mobil, kamu ngga mau kan hal ini terjadi pada mobil kamu?

5. Kuras juga semua oli kamu yang sudah terendam air

Jika banjir sudah merendam oli mobil yang belum sempat kamu selamatkan, sebaiknya kamu langsung kuras semuanya dan ganti dengan yang baru, jaga-jaga agar mobil tidak mengalami kerusakan parah.

6. Jangan pernah menyalakan mesin mobil saat mobil terendam banjir

Kalau kamu ngga ingin mobil kamu semakin rusak, sebaiknya jangan pernah coba-coba menghidupkan mesin mobil kamu saat sedang terendam banjir. Hal ini hanya akan menyebabkan mobil kamu semakin korslet karena air banjir yang masuk ke sela-sela mesin.

7. Keringkan semua bahan-bahan kelistrikan yang ada pada mobil

Kalau banjir sudah surut, ini adalah saatnya kamu mengeringkan komponen-komponen mobil yang mengandung unsur kelistrikan. Mulai dari karburator, air ilter, koil, busi sampai dengan kabel-kabel lainnya. Hal ini sangat berguna untuk mencegah kerusakan listrik jangka panjang.Berikut adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan pada mobil kamu saat banjir menyerang. Jika memang mobil kamu benar-benar tidak bisa diselamatkan, mengasuransikan mobil merupakan jalan yang paling tepat.

Categories: Gaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>