Uncategorized

3 Pohon yang Biasa Ada di Dataran Tinggi

Keberadaan pohon memiliki banyak fungsi dalam setiap tempat. Dalam ekosistem, pohon atau tumbuhan menjadi produser atau penghasil makanan untuk mahluk hidup lainnya. Tidak hanya sekadar penghasil makanan, pohon juga menyumbangkan gas yang digunakan untuk bernafas semua mahluk hidup. Pohon juga memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga suatu daerah agar tetap aman. Selain pentingnya fungsi pohon, jenis-jenis pohon juga penting untuk diketahui. Pohon untuk di setiap tempat atau daerah biasanya memiliki jenis dan fungsi yang berbeda. Seperti misalnya pohon yang berada di daerah dataran tinggi. Pohon yang berada di dataran tinggi memiliki ciri khas tersendiri dengan fungsi tersendiri.

Berikut 3 jenis pohon yang biasa ada di dataran tinggi:Keberadaan pohon memiliki banyak fungsi dalam setiap tempat. Dalam ekosistem, pohon atau tumbuhan menjadi produser atau penghasil makanan untuk mahluk hidup lainnya. Tidak hanya sekadar penghasil makanan, pohon juga menyumbangkan gas yang digunakan untuk bernafas semua mahluk hidup. Pohon juga memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga suatu daerah agar tetap aman. Selain pentingnya fungsi pohon, jenis-jenis pohon juga penting untuk diketahui.

Pohon untuk di setiap tempat atau daerah biasanya memiliki jenis dan fungsi yang berbeda. Seperti misalnya pohon yang berada di daerah dataran tinggi. Pohon yang berada di dataran tinggi memiliki ciri khas tersendiri dengan fungsi tersendiri. Berikut 3 jenis pohon yang biasa ada di dataran tinggi:

1. Pohon Pinus

Pohon pinus menjadi salah satu jenis pohon yang dapat hidup di dataran tinggi. Ciri-ciri pohon pinus yaitu untuk pohon dengan bentuk yang besar, dengan batang silindris dan bentuk pohon yang lurus. Pohon pinus memiliki manfaat untuk lingkungan berupa membantu penanggulangan tanah yang sudah tidak subur lagi. Selain itu, pohon pinus juga cocok dijadikan sebagai pohon untuk rehabilitasi lahan.

2. Pohon Suren

Pohon suren merupakan jenis pohon yang dapat hidup pada ketinggian 600 mdpl hingga 2.700 mdpl. Pohon ini biasanya tumbuh di daerah tebing dengan suhu sekitar 22 derajat celcius. Selain dapat digunakan untuk memperkuat tanah di daerah dataran tinggi, bagian dari pohon suren sendiri memiliki banyak manfaat dan dapat digunakan untuk berbagai hal. Seperti untuk bahan bangunan, perabotan rumah tangga hingga kebutuhan medis.

3. Pohon Manglid

Pohon manglid menjadi jenis pohon lainnya yang dapat hidup di dataran tinggi. Pohon ini dapat hidup di daerah yang memiliki ketinggian 1000 hingga 1500 mdpl. Cara hidup pohon ini juga cenderung berkelompok. Pohon ini juga membutuhkan hidup di daerah yang lembap. Itulah 3 jenis pohon yang hidup di dataran tinggi. Selain 3 jenis pohon tersebut, di dataran tinggi juga dapat hidup berbagai jenis tanaman.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>